Home / Fintech

Senin, 9 Oktober 2023 - 22:15 WIB

Luncurkan Aplikasi SIPINTER, Pj Walikota Imran Era Baru Pemerintahan Digital Kota Lhokseumawe Dimulai

pp
Share

Batasaceh.com – Pemerintah Kota Lhokseumawe mengumumkan Soft Launching Aplikasi Sistem Pengelolaan Informasi Terintegrasi yang lebih dikenal dengan nama Aplikasi SIPINTER. Pj Walikota Lhokseumawe Dr. Drs. Imran, M.Si, MA.Cd berharap ini langkah awal menuju pemerintahan digital (Digital Government).

“Hari ini merupakan momen yang menggembirakan, karena Pemerintah Kota Lhokseumawe berhasil meluncurkan aplikasi SIPINTER sebagai langkah awal menuju pemerintahan digital” ungkap Imran saat akan meluncurkan SIPINTER.

Imran menjelaskan alasan Soft Launching, ia mengatakan bahwa aplikasi ini masih dalam tahap pengembangan dan perbaikan. Oleh karena itu, perlu melibatkan semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan mitra dalam proses uji coba, sehingga mereka dapat mengidentifikasi area dan fitur apa saja yang memerlukan perbaikan.

Pj Walikota menekankan pentingnya digitalisasi pemerintahan dan mengajak semua pihak untuk merangkul era digital, karena tidak ada waktu yang lebih tepat untuk memulainya. Kota Lhokseumawe telah berhasil mengintegrasikan beberapa inovasi, seperti Srikandi dan Tanda Tangan Digital (TTD Digital), sebagai bagian dari transformasi digitalnya.

Baca Juga :   PT PIM Salurkan Bantuan Pemulihan Pasca Bencana Angin Kencang di Tanah Luas

Imran berharap kedepannya aplikasi SIPINTER dapat terintegrasi juga dengan sistem penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) serta Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD), sehingga dapat terus dimonitor untuk memperkuat perkembangan ekonomi Kota Lhokseumawe.

Selanjutnya, Pj Walikota meminta semua OPD untuk segera berkoordinasi dengan Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) dan Dinas Kominfo untuk menghindari pengeluaran yang berlebihan untuk infrastruktur teknologi dan aplikasi.

Dengan SIPINTER, data antar OPD akan menjadi lebih terintegrasi, dan data yang dipublikasikan akan bersifat seragam dan konsisten. Imran menegaskan bahwa SIPINTER adalah aset milik Pemerintah Kota Lhokseumawe dan perlu dijaga bersama dengan baik.

Baca Juga :   Pj Bupati Aceh Utara Serahkan 10 Juta Bendera Merah Putih

Pj Walikota berharap SIPINTER akan meningkatkan kinerja Pemerintah Kota Lhokseumawe dan seluruh ASN, sambil mendoakan kesuksesan dalam pelaksanaannya.

Terakhir, Imran menyampaikan apresiasi kepada ICONNECT atas kerjasama dalam proyek ini, dan berharap SIPINTER dapat menjadi contoh bagi daerah lain dan menciptakan hubungan simbiosis mutualisme antara ICONNECT dan pemerintah.

Peluncuran SIPINTER menandai tonggak penting dalam perjalanan digitalisasi Pemerintah Kota Lhokseumawe, membuka peluang baru untuk efisiensi dan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat. Semoga aplikasi ini berhasil mencapai tujuannya dan memberikan manfaat besar bagi kota ini.

Share :

Baca Juga

Fintech

Pj Bupati Aceh Utara, Dr. Drs. Mahyuzar, M.Si, Hadiri Rakornas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD) tahun 2023

Fintech

5 Tips for Balancing A Career and Caregiving

Energi

How to Give Your 2016 Resolutions Staying Power

Ekonomi

How One Furniture Manufacturer Goes ‘Beyond Sustainability’

Fintech

Surety Bonds Protect Infrastructure Investment

Fintech

How to Stay Hydrated Like a Pro All Summer