Home / Ekonomi

Senin, 4 Maret 2024 - 17:19 WIB

Konsulat RI Tawau Dorong Ekspor Produk UMKM Indonesia ke Sabah Melalui Indonesian Corner

pp
Share

Batasaceh.com – Konsulat RI Tawau bekerja sama dengan Sthamin Supermarket telah mendirikan ‘Indonesian Corner’ yang bertempat di Sthamin Supermarket Hilltop, Tawau (2/4). Indonesian Corner merupakan stand khusus yang berisi produk-produk Indonesia yang telah beredar sebelumnya serta produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) provinsi Kalimantan Utara.

Indonesian Corner diresmikan oleh Yang Berhormat (YB) Datuk Andi Muhammad Suryady Bin Bandy, Pembantu Menteri Pembangunan Perindustrian dan Keusahawanan Sabah merangkap Ahli Parlimen P191 Kalabakan dan Ahli Dewan Undangan Negeri N71 Tanjung Batu. Ikut meresmikan adalah Konsul RI Tawau, Ibu Heni Hamidah, dan Tuan Haji Busthamin bin Paita, pemilik Sthamin Supermarket. Ikut menghadiri acara peresmian antara lain dari pihak : Ketua Kamar Dagang & Industri (KADIN) Tarakan; Asosiasi Pengusaha Perbatasan Indonesia; Perwakilan dari Pembantu Menteri kepada Ketua Menteri Sabah; perwakilan Ahli Parlimen P.190 Tawau; Wakil dari Pengerusi Lembaga Kebajikan Perempuan Islam Malaysia Perhubungan Negeri Sabah; perwakilan dari Rumah BUMN Nunukan; dan UMKM Kalimantan Utara.

Baca Juga :   PT PIM Salurkan Bantuan Pemulihan Pasca Bencana Angin Kencang di Tanah Luas

Dalam kesempatan tersebut, Konsul RI Tawau menyampaikan bahwa kegiatan promosi produk Indonesia melalui pendirian “Indonesian Corner” tersebut merupakan satu upaya diplomasi ekonomi yang merupakan salah satu fokus kebijakan luar negeri Indonesia.

Acara peresmian ini merupakan momen yang penting sebagai peresmian Indonesian Corner pertama yang ada di Sabah. Indonesian Corner ditujukan untuk mempromosikan produk-produk unggulan Indonesia yang dipasarkan dan telah beredar di wilayah Tawau, serta produk UMKM asal Kalimantan Utara seperti produk makanan, minuman dan lain sebagainya. Sepanjang program berlangsung, pemilik usaha UMKM Kalimantan Utara seperti CV Taraban Berkah (Sambal Dayak), Regan Coklat, dan Raftrasa Brownies Mocca Crispy ikut hadir dan aktif mengisi dalam booth pameran produk Indonesia.

Baca Juga :   DPMPPKB Aceh Utara dan BKKBN Aceh Gelar Layanan KB dan KBKR di Gampong Seureuke

Salah satu pengusaha UMKM Kalimantan Utara, yaitu ibu Yuliatin dari CV Taraban Berkah (Sambal Dayak) menyampaikan terima kasihnya kepada Konsulat telah difasilitasi untuk bekerjasama dengan Sthamin Supermarket dalam  memasarkan produk Sambal Dayak di Tawau dan sekitarnya. Ia juga menyampaikan harapannya agar kerja sama ini dapat terus berlanjut dengan lebih banyak lagi UMKM Indonesia khususnya di perbatasan yang dapat mempromosikan dan memasarkan produknya di Malaysia.

Dengan mempertimbangkan potensi ekonomi Sabah, kedekatan geografis dan keberadaan WNI dalam jumlah yang cukup signifikan di wilayah kerja Konsulat RI Tawau, diharapkan keberadaan Indonesian Corner tersebut dapat membantu memperkenalkan lebih banyak produk Indonesia kepada masyarakat negeri Sabah sekaligus mempererat hubungan antar rakyat di kedua negara.

Sumber: KRI Tawau​

Share :

Baca Juga

Ekonomi

Tingkatkan Kompetensi Kelompok Ekoeduwisata Paya Nie, PT PIM adakan Sharing Knowledge

Ekonomi

PT PIM Aceh Rembuk Tani 2024 Mendengar Aspirasi, Menguatkan Pertanian

Ekonomi

A Hanan Tegaskan Stok Pangan Jelang Idul Adha 2024 Aman

Ekonomi

Melestarikan Tradisi melalui Rasa, PIM Dorong UMK Binaan .

Ekonomi

Hadiri Rakernas APEKSI di Balikpapan, Pj Wali Kota Lhokseumawe Apresiasi Sinergitas Antar Kota

Ekonomi

Dua Perusahaan Mulai Sewa Lahan IMIA

Ekonomi

PT PIM Aceh Jamin Ketersediaan Pupuk Subsidi Petani Aman

Ekonomi

Lhokseumawe Kembali Raih Predikat WTP dari BPK RI Perwakilan Aceh