Home / Daerah / Hukum

Rabu, 24 Januari 2024 - 11:22 WIB

Kepala BNN RI Bersama Forkopimda Aceh Utara Musnahkan Ladang Ganja

Foto:Istimewa

Foto:Istimewa

Share
Foto:Istimewa

Batasaceh.com-Badan Narkotika Nasional (BNN) Republik Indonesia dan Polres Aceh Utara beserta forkopimda Aceh Utara melakukan pemusnahan terhadap 22. 864 tanaman ganja di ladang seluas 2 hektar berlokasi di perbukitan di Desa Teupin Reusep, Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Utara. Selasa 23/01/2024.

Pemusnahan itu dilakukan dengan cara dicabut dan dibakar yang dipimpin oleh Kepala BNN RI, Komjend Marthinus Hukom,didampingi Deputi Pemberantasan BNN RI, Irjen Pol. I Wayan Sugiri,Direktur Narkotika BNN RI, Alexander Sabar, S.I.K., M.H., Direktur Pengawasan Tahanan dan Barang Bukti BNN RI, Brigjen Pol. Drs. Aldrin MP Hutabarat, Direktur Interdiksi BNN, Terry Zakiar Muslim, Kepala Biro Humas dan Protokol BNN RI, Brigjen Pol. Sulistyo Pudjo Hartono, serta Kepala BNN Provinsi Aceh, Brigjen. Pol. Rudy Ahmad Sudrajat, Kapores Aceh Utara AKBP Deden Heksa Serta Dandim 0103/Aceh Utara Mahkyar yang turun langsung memimpin operasi pemusnahan 3 (tiga) titik lokasi penanaman ganja yang berada pada lahan seluas lebih kurang dua hektar tersebut.

Baca Juga :   PT Pupuk Iskandar Muda Raih Penghargaan Terbaik dalam Pelaksanaan TJSL di Aceh Tahun 2024

Brigjend M. Hukom menjelaskan, penemuan ladang itu berawal dari informasi masyarakat yang didapat lalu dilakukan pengembangan atas laporan tersebut,”paparnya
“Kemudian kami dari pihak BNN melakukan pengembangan dan berhasil diketahui letak ladang ganja tersebut, untuk tersangkanya belom kita dapati dan siapa pemilik dari lahan ganja ini juga belom kita ketahui tetapi kita akan bekerja ekstra untuk mengungkap siapa pemilik dari lahan ganja ini”. Jelas M.Hukom.

Baca Juga :   Pj Bupati Aceh Utara : PPK Adalah Ujung Tombak Kesuksesan Pilkada

Lanjutnya, Luas ladang ganja secara keseluruhan diperkirakan 2 hektar dengan jenis tanaman bervariasi, dari bibit sampai ada yang sudah dipanen. dengan jumlah keseluruhan sebanyak 22. 864 batang ganja dengan asumsi 11 Ton Ganja basah. terlihat juga di lokasi bahwa 1 Goni ukuran 60 kilo ganja kering yang sudah di persiapkan untuk pengangkutan.

“Puluhan ribu tanaman ganja dimusnahkan dengan cara dibakar dan sebagian diambil untuk sampel laboratorium dan barang bukti.” Kepala BNN RI.

Hal ini merupakan komitmen BNN RI sebagai _leading institution_ dalam Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN) untuk melindungi masyarakat dan Negara Kesatuan Republik Indonesia dari ancaman narkotika.

Share :

Baca Juga

Daerah

Plt Camat Tanah Luas Lantik 49 Tuha Peut Dalam 3 Kemukiman

Daerah

Pemilik Galian C Alue Leuhop Cot Girek Bantah Gunakan BBM Bersubsidi

Daerah

Praktek Pungli Terhadap Siswa Kembali Terjadi di Aceh Utara

Daerah

PT PIM Fasilitasi Manasik Calon Jamaah Haji Aceh Utara

Daerah

Pokdarwis Pirak Tour Tabur 1000 Benih Ikan Nila di Rumah Cut Mutia

Daerah

Proses Proyek Bendungan Krueng Keureuto Sudah capai 91,8 Persen

Daerah

Pemkab Aceh Jaya Raih Opini WTP Berturut-Turut Ke-11 kalinya dari LHP BPK Perwakilan Provinsi Aceh

Daerah

Peringati HUT PT Pupuk Indonesia Yang Ke-12 Tahun, PT PIM Tanam 750 Pohon