Home / Daerah

Kamis, 14 Maret 2024 - 20:51 WIB

Program DASHAT: Solusi Atasi Stunting di Aceh Utara

Foto:Ilustrasi

Foto:Ilustrasi

Share
Foto:Ilustrasi

Batasaceh.com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPM-PPKB), Aceh Utara akan menggelar program DASHAT Ke 27 Kecamatan yang ada.

Upaya itu dilakukan sebagai bentuk peduli menhalankan program nasional untuk penurunan angka stunting di Aceh Utara sesuai target.

Kabid Dalduk, KB dan KS DPM-PPKB Muhammad Azhar, mengatakan program tersebut dimulai setelah Hari Raya Idul Fitri ini,”ujarnya

“Program DASHAT akan kembali digelar di seluruh kecamatan yang ada di Aceh Utara,”paparnya

Muhammad Azhar menjelaskan program DASHAT adalah singkatan dari Dapur Sehat Atasi Stunting, program ini bukan hanya sekadar memberikan Pemberian Makanan Tambahan (PMT), tetapi juga memberikan edukasi tentang pentingnya gizi seimbang dan konsumsi pangan yang tepat kepada ibu hamil, ibu menyusui, dan balita,” pungkasnya

Baca Juga :   Putra Bung Hatta PNL, Teuku Rassya dan Teuku Salman Juara II Lomba Pidato Da'i Online Se Indonesia 2024.

Melalui program ini, diharapkan para ibu mampu memahami dan menerapkan pola makan yang sehat untuk mendukung pertumbuhan optimal anak-anak mereka.

“Salah satu keunggulan dari program DASHAT adalah penggunaan PMT berbasis pangan lokal, yang memiliki asupan gizi tinggi. Program ini juga melibatkan Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI) untuk memastikan semua PMT yang diolah memiliki kandungan gizi yang tinggi dan sesuai dengan kebutuhan,” ungkap Azhar.

Tidak hanya itu, DASHAT juga mengajari masyarakat untuk memilih bahan makanan yang sesuai dengan kebutuhan gizi namun tetap terjangkau secara ekonomis. Penggunaan sumber protein nabati seperti kacang-kacangan dan biji-bijian menjadi salah satu alternatif yang lebih terjangkau namun tetap kaya akan nutrisi.

Baca Juga :   PT Pupuk Iskandar Muda Raih Penghargaan Terbaik dalam Pelaksanaan TJSL di Aceh Tahun 2024

Selain itu, program ini juga memberikan resep-resep baru dan mengubah pola pikir masyarakat terkait gizi dan keuangan. Dengan memberikan opsi makanan sehat yang terjangkau, seperti memanfaatkan daun kelor dan lain sebagainya, DASHAT mendorong masyarakat untuk membuat pilihan yang lebih bijak dalam memilih dan mengonsumsi makanan.

“Dengan adanya program DASHAT, diharapkan dapat memerangi masalah stunting yang menghantui pertumbuhan generasi masa depan di Aceh Utara. Upaya kolaboratif ini menunjukkan komitmen yang kuat dalam meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat, terutama anak-anak yang merupakan pilar masa depan bangsa.” Tutup Muhammad Azhar.[] Raja

Share :

Baca Juga

Daerah

Plt Camat Tanah Luas Lantik 49 Tuha Peut Dalam 3 Kemukiman

Daerah

Pemilik Galian C Alue Leuhop Cot Girek Bantah Gunakan BBM Bersubsidi

Daerah

Praktek Pungli Terhadap Siswa Kembali Terjadi di Aceh Utara

Daerah

PT PIM Fasilitasi Manasik Calon Jamaah Haji Aceh Utara

Daerah

Pokdarwis Pirak Tour Tabur 1000 Benih Ikan Nila di Rumah Cut Mutia

Daerah

Proses Proyek Bendungan Krueng Keureuto Sudah capai 91,8 Persen

Daerah

Pemkab Aceh Jaya Raih Opini WTP Berturut-Turut Ke-11 kalinya dari LHP BPK Perwakilan Provinsi Aceh

Daerah

Peringati HUT PT Pupuk Indonesia Yang Ke-12 Tahun, PT PIM Tanam 750 Pohon