Home / Daerah

Kamis, 14 Maret 2024 - 22:20 WIB

Kompas Aceh Utara Gelar Safari Ramadhan di Masjid Haji Muhammad Hanafiah

Share

Batasaceh.com – Lhoksukon, Dalam rangka memaknai dan mengisi bulan Suci Ramadhan 1445 H, Komunitas Pemuda Subuh (Kompas) Aceh Utara melaksanakan kegiatan safari ramadhan dengan tujuan untuk ajang silaturrahmi dan membentuk mentalitas para pemuda serta memberi ruang untuk action sesuai keahlian dan keterampilan yang mumpuni dimiliki oleh masing-masing pemuda.

Kegiatan safari ramadhan Kompas Aceh Utara ini diawali dengan shalat Isya berjama’ah, shalat Tarawih berjamaah, kemudian dilanjutkan dengan ceramah singkat atau kuliah ringkas (Kulkas) di Masjid Haji Muhammad Hanafiah Gampong Ranto Kec. Lhoksukon Kab. Aceh Utara, Rabu malam (13/03/2024).

Tim safari ramadhan yang tampil pada malam ke 3 Ramadhan 1445 H di Masjid yang dibangun dengan megah nan indah oleh Alm. H. Muhammad Hanafiah itu, yakni Protokol Tgk. Murhaban, SH., C.PS merupakan Penyuluh Agama Islam KUA Paya Bakong serta peraih Nomine Penyuluh Agama Islam Award Kemenag RI Tahun 2023

Sedangkan yang menjadi Muazzin dan Bilal Tgk. Zulkhairi, SH yang merupakan Muazzin tetap Masjid Agung Baiturrahim Lhoksukon dan Masjid Haji Muhammad Hanafiah, dan Imam oleh Tgk. Zulkarnaini Ismail merupakan alumni dari Dayah Darul Huda Lueng Angen yang juga Imam tetap Kompas Aceh Utara serta penggerak safari subuh di Kec. Langkahan.

Baca Juga :   Lhokseumawe Kembali Raih Predikat WTP dari BPK RI Perwakilan Aceh

Adapun ceramah yang penuh sarat makna tentang keutamaan dan kelebihan bulan suci ramadhan disampaikan oleh Tgk. Syarkawi yang merupakan penceramah Kompas Aceh Utara serta alumni dari Dayah Darul Huda Lueng Angen.

Ketua Kompas Aceh Utara Ir. Muhammad Hatta, SST. MT di dampingi Sekretaris Ust. Shaifuddin Fuady, S.Ag., MA yang juga Ketua BKM Masjid Haji Muhammad Hanafiah mengatakan, Kompas Aceh Utara adalah organisasi yang didominasi oleh para pemuda dalam rangka mensyiarkan gerakan subuh berjamaah setiap subuh Sabtu yang dibarengi dengan zikir bersama di Bumi Malikussaleh Aceh Utara.

“Untuk di bulan suci Ramadhan, kami dari Kompas Aceh Utara juga mengagendakan safari ramadhan di sejumlah masjid yang ada dalam Kabupaten Aceh Utara, yang pelaksananya diisi oleh para pemuda terbaik yang cakap, serta memiliki kompetensi, skill dan keahlian dibidang masing-masing,” ucap Ketua Kompas Aceh Utara yang akrab disapa Bung Hatta kepada media ini.

Menurut Bung Hatta yang juga Ketua Humas Politeknik Negeri se-Indonesia, generasi muda adalah solusi dan motor penggerak untuk perubahan di masa depan, karena pemuda hari ini adalah pemimpin di hari esok. Dan ini sesuai dengan pepatah Aceh yang mengatakan “Koeng pageu kareuna geurundong dan koeng gampong kareuna aneuk muda”.

Baca Juga :   Lhokseumawe Kembali Raih Predikat WTP dari BPK RI Perwakilan Aceh

“Kami sangat yakin, jika generasi mudanya memiliki kepedulian dalam berbuat kebaikan, serta sungguh-sungguh untuk terus mempersiapkan diri sebagai pemuda harapan bangsa dan agama yang menjadi generasi pemuda yang berkualitas penerus perubahan negara di masa depan,” Terang, Wakil Ketua Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Lhokseumawe ini.

Lebih lanjut, Sekjend ICMI Orda Lhokseumawe itu mengatakan aktualisasi visi utama dari kegiatan safari ramadhan Kompas Aceh Utara ini menjadi pemuda yang beriman, sekaligus menyiapkan pemuda agar menjadi semakin religius dan berakhlak mulia, menyiapkan kader-kader dakwah, melatih dan meningkatkan keterampilan public speaking dan kecerdasan sosial.

“Selain itu dengan kegiatan ini, diharapkan para pemuda Kompas Aceh Utara dapat membangun relasi mutual dengan masyarakat sekitar, meningkatkan akseptabilitas dan loyalitas masyarakat, membangun trust kepada generasi muda, bisa menginspirasi generasi muda lainnya, serta meningkatkan motivasi generasi muda untuk memakmurkan masjid melalui berbagai kegiatan keagamaan,” tuturnya. [] Reales

Share :

Baca Juga

Daerah

Plt Camat Tanah Luas Lantik 49 Tuha Peut Dalam 3 Kemukiman

Daerah

Pemilik Galian C Alue Leuhop Cot Girek Bantah Gunakan BBM Bersubsidi

Daerah

Praktek Pungli Terhadap Siswa Kembali Terjadi di Aceh Utara

Daerah

PT PIM Fasilitasi Manasik Calon Jamaah Haji Aceh Utara

Daerah

Pokdarwis Pirak Tour Tabur 1000 Benih Ikan Nila di Rumah Cut Mutia

Daerah

Proses Proyek Bendungan Krueng Keureuto Sudah capai 91,8 Persen

Daerah

Pemkab Aceh Jaya Raih Opini WTP Berturut-Turut Ke-11 kalinya dari LHP BPK Perwakilan Provinsi Aceh

Daerah

Peringati HUT PT Pupuk Indonesia Yang Ke-12 Tahun, PT PIM Tanam 750 Pohon