Home / Kesehatan

Minggu, 17 Maret 2024 - 18:20 WIB

Pj Bupati Mahyuzar Menekankan Pentingnya Memiliki Data Akurat Penurunan Angka Stunting di Aceh Utara

pp
Share

 

Batasaceh.com – Aceh Utara,  Penjabat Bupati Aceh Utara Dr.Drs. Mahyuzar, M.Si, menekankan pentingnya memiliki data yang akurat terkait dengan program penurunan angka stunting di Aceh Utara,Minggu 11 Maret 2023.

Akurasi data menjadi tolak ukur penting, sehingga dapat menjadi acuan dasar untuk pengambilan keputusan dan kebijakan oleh para pihak.

“Data harus up date, sehingga dapat menjadi satu data Aceh Utara,” tegasnya.

Mahyuzar mengajak semua stake holder untuk menyamakan persepsi tentang indikator-indikator stunting.

Terutama bagi para petugas yang melakukan pendataan di lapangan, yang setiap saat melakukan monitoring dan pemantauan.

“Misalkan tentang data kemiskinan, ada keluarga yang punya sapi sampai 15 ekor, juga punya kebun sawit belasan hektar, punya sepeda motor, rumahnya pasang parabola, tapi kondisi rumahnya masih berlantai tanah, atap rumbia, dinding tepas bambu yang sudah bolong-bolong. Ini masuk katagori mana, apakah tergolong miskin atau bagaimana. Kita khawatir kondisi rumah yang seperti itu kadang memang disengaja, supaya bisa terus dapat bantuan, baik bantuan pangan maupun bantuan bentuk lainnya,”ungkap Pj Bupati Aceh Utara.

Baca Juga :   PT PIM Salurkan Bantuan Pemulihan Pasca Bencana Angin Kencang di Tanah Luas

Selain itu, Mahyuzar menegaskan, data yang dimiliki oleh Badan Pusat Statistik (BPS) haruslah sama dengan data yang dipegang oleh Pemkab Aceh Utara. Sebab data yang dipakai oleh Pemerintah Pusat itu adalah data yang ada di BPS.

Lanjut Mahyuzar, dalam program penurunan stunting, yang penting diperhatikan adalah agar semua kita bekerja sesuai fungsi masing-masing.

Baca Juga :   DPMPPKB Aceh Utara dan BKKBN Aceh Gelar Layanan KB dan KBKR di Gampong Seureuke

 “Kita bertugas di mana, sebagai apa, maka kerjakan tugas dan tegakkan fungsi kita masing-masing semaksimal mungkin. Itu saja yang perlu kita perkuat, kita perbuat dan terus lakukan dengan maksimal,”terangnya.

Menurut dia, ada dua katagori stunting, yaitu anak yang sudah mengalami stunting dan anak yang berisiko mengalami stunting. Yang berisiko akan mengalami stunting itu harus ada intervensi khusus dari para pihak, misalnya yang cukup penting adalah untuk mengubah mindset dalam keluarga tersebut.

Mereka harus diberikan sosialisasi tentang kebiasaan-kebisaan hidup yang baik untuk menjaga kesehatan atau prilaku hidup yang bersih dan sehat (PHBS).(Raja)

Share :

Baca Juga

Kesehatan

Sampah Dari Kawasan Kumuh Siap di Beli Pemerintah Lhokseumawe

Kesehatan

Tanggulangi Masalah Sampah, Pj Walikota Lhokseumawe Bagikan Plastik Hitam Besar, dan 16 Ton Sampah Pusong Baru Diangkut Dari Pusong Baru

Kesehatan

PELUNCURAN RUMOH GIZI GAMPONG (RGG) DAN SOSIALISASI GERAKAN PILAH SAMPAH

Kesehatan

Pj Bupati Mahyuzar Buka Kegiatan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting

Kesehatan

Perumda Tirta Pase Aceh Utara mendapat penghargaan Serambi Award 2024 sebagai perusahaan daerah dengan kategori pelayanan prima di sektor air bersih

Kesehatan

Pj Walikota Lhokseumawe Minta Inovasi dari Tim Percepatan Penurunan Stunting

Kesehatan

Kemensos Bakal Gelar Operasi Katarak di RSUCM di Hari Puncak HLUN di Aceh Utara

Kesehatan

Pemkab Aceh Jaya dan BKKBN Aceh Gelar Rakor Percepatan Penurunan Stunting