Home / Internasional

Jumat, 6 Oktober 2023 - 07:47 WIB

Pemerintah Indonesia dan PBB Indonesia Dorong Penguatan Kerja Sama Pelestarian Budaya pada Working Group Indonesia-UN Consultative Forum (IUNCF)

Share

Batasaceh.com – Cirebon, Direktorat Sosial Budaya dan OINB Kementerian Luar Negeri ​menyelenggarakan pertemuan Working Group I sebagai rangkaian Forum Konsultasi Indonesia-PBB atau Indonesia-UN Consultative Forum (IUNCF) secara hybrid, pada hari Kamis (05/10) di Swiss-Belhotel, Cirebon.

“Indonesia, dengan beragam budaya dan tradisi memerlukan kerja sama pelestarian budaya, dan karenanya kami mengapresiasi PBB di Indonesia yang telah memainkan peran penting dalam mendukung Indonesia dalam misi untuk melindungi warisan budaya,” demikian disampaikan Direktur Sosial Budaya dan OI Negara Berkembang, Penny D. Herasati, dalam sambutannya selaku Co-Chair.

Working Group I IUNCF dipimpin bersama oleh Direktur Sosial Budaya dan OI Negara Berkembang Kementerian Luar Negeri dan Kepala Kantor Perwakilan PBB di Indonesia sebagai forum inventarisasi kerja sama Indonesia-PBB. Pertemuan dihadiri oleh 103 peserta dari Kementerian/Lembaga RI dan Badan-Badan PBB di Indonesia.

Baca Juga :   Putra Bung Hatta PNL, Teuku Rassya dan Teuku Salman Juara II Lomba Pidato Da'i Online Se Indonesia 2024.

Kepala Kantor Perwakilan PBB di Indonesia, Afke Bootsman, menegaskan komitmen PBB untuk terus mendukung program-program yang bermanfaat bagi Indonesia di berbagai sektor, termasuk bidang kebudayaan. PBB juga memberi apresiasi pada pencapaian Indonesia yang berhasil mencapai lebih dari 70% indikator Sustainable Development Goals (SDGs), melebihi capaian global yang baru sekitar 15%.

Pada kesempatan ini, Working Group I mengangkat tema “Indonesia – UN Cooperation on the Preservation of Indonesia’s Cultural Heritage”. Pertemuan mencatat rencana 7 (tujuh) program kerja sama pelestarian budaya di bawah kerangka program UNESCO (Warisan Budaya Takbenda, Warisan Dunia, dan Global Geoparks) melalui workshop, capacity building, diseminasi informasi, dan lain-lain.

Baca Juga :   PT Pupuk Iskandar Muda Raih Penghargaan Terbaik dalam Pelaksanaan TJSL di Aceh Tahun 2024

Selain isu kerja sama kebudayaan, Working Group I juga mendiskusikan opsi tema yang akan diangkat pada Diskusi Tematik Pleno IUNCF 2023 mendatang, dan menyepakati diangkatnya tema Blue Agenda.

IUNCF merupakan mekanisme kemitraan strategis yang digagas Pemerintah Indonesia dan Badan PBB di Indonesia pada tahun 2013 dengan tujuan memperkuat kerja sama dan koordinasi antara berbagai K/L di Indonesia dengan Badan-Badan PBB. ( Kemlu )

Share :

Baca Juga

Internasional

Wamenlu RI dorong kerjasama strategis Indonesia – Korea Selatan

Internasional

KJRI Perth Kenalkan Potensi Kerja Sama Bidang Pertanian Antara Indonesia dan Australia Barat di Food Innovation Precinct WA

Internasional

Pelindungan ABK Konsulat Jenderal RI Cape Town Gelar Kegiatan Life Skills

Internasional

Presiden Jokowi Lepas Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina

Internasional

Indonesia Desak SMU PBB Bentuk Komisi Independen Selidiki Serangan Israel

Internasional

Kepala Staf Angkatan Darat Indonesia periode 2021 – 2023 Terima Tanda Kehormatan Australia

Internasional

Indonesia Desak Dewan Keamanan PBB Segera Hentikan Perang di Gaza

Internasional

Israel Terus Gempur Jalur Gaza, Sudah 33 Masjid Hancur