Home / Budaya / Daerah

Kamis, 9 November 2023 - 16:01 WIB

Ini Alokasi Dana Kegiatan Sanggar Cut Meutia APBK Aceh Utara Ikut PKA

Share
Foto:Istimewa

Batasaceh.com- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Utara mengalokasikan Rp603 juta dalam APBK 2023 yang digunakan untuk kegiatan Sanggar Cut Meutia Meuligo Aceh Utara.

Dalam total Rp603 juta untuk kegiatan Sanggar Cut Meutia APBK Aceh Utara 2023, kebutuhan paling tinggi dialokasikan untuk tempat penginapan selama PKA Rp247 juta. Kemudian disusul untuk kebutuhan rehabilitasi anjungan PKA Rp200 juta, serta belanja makan dan minum selama kegiatan PKA Rp33,5 juta. Semua alokas tersebut masuk dalam APBK Aceh Utara 2023 dengan kode Rencana Umum Pengadaan (RUP) 39272951.

Namun, dalam RUP APBK 2023 berkode 39281632 juga terdapat kebutuhan untuk makan dan snack tim tari, musik, dan official senilai Rp30,6 juta. Belum diketahui perbedaan di antara dua kebutuhan yang sepintas serupa peruntukannya. Adanya duplikasi penggunaan anggaran, baik dari APBN maupun APBD.

Baca Juga :   Lhokseumawe Kembali Raih Predikat WTP dari BPK RI Perwakilan Aceh

Saat ini, Sanggar Cut Meutia Meuligo Aceh Utara sedang mengikuti kegiatan PKA di Banda Aceh yang berlangsung sejak 4-12 November 2023. Dari pengumuman panitia PKA, untuk kategori tari kreasi, Sanggar Cut Meutia bahkan tidak masuk dalam lima besar.

Mengenai adanya kesamaan alokasi anggaran tersebut, Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Yuliza membantah tidak ada duplikasi anggaran dalam alokasi untuk kebutuhan PKA. Menurutnya, karena dalam sistem informasi pembagunan daerah keuangan jika ada persamaan langsung diblokir sistem.

Baca Juga :   Lhokseumawe Kembali Raih Predikat WTP dari BPK RI Perwakilan Aceh

“Jadi kesamaan alokasi anggaran berbeda kode rekning, satu untuk pelatihan selama di Lhokseumawe dan satunya lagi untuk selama kegiatan PKA di Banda Aceh,” kata Yulizar saat dikonfirmasi, Kamis (9/11)

Sedangkan Koordinator Sanggar Cut Meutia, Uyung Wallad disapa Oeyoeng mengakui dirinya kurang mengetahui terkait anggaran. “Kalau ada pembahasan mesti ada, tapi saya tidak tau juga,” kata Oeyoeng saat dikonfirmasi Rabu (8/11) kemarin.

Terkait persiapan, kata Oeyoeng, pihaknya sudah melakukan persiapan itu setelah masuk surat akhir 2022 terkait pelaksanaan PKA. Meskipun ada atau tidak adanya PKA, Sanggar Cut Meutia selalu latihan rutin.

Share :

Baca Juga

Daerah

Plt Camat Tanah Luas Lantik 49 Tuha Peut Dalam 3 Kemukiman

Daerah

Pemilik Galian C Alue Leuhop Cot Girek Bantah Gunakan BBM Bersubsidi

Daerah

Praktek Pungli Terhadap Siswa Kembali Terjadi di Aceh Utara

Daerah

PT PIM Fasilitasi Manasik Calon Jamaah Haji Aceh Utara

Daerah

Pokdarwis Pirak Tour Tabur 1000 Benih Ikan Nila di Rumah Cut Mutia

Daerah

Proses Proyek Bendungan Krueng Keureuto Sudah capai 91,8 Persen

Daerah

Pemkab Aceh Jaya Raih Opini WTP Berturut-Turut Ke-11 kalinya dari LHP BPK Perwakilan Provinsi Aceh

Daerah

Peringati HUT PT Pupuk Indonesia Yang Ke-12 Tahun, PT PIM Tanam 750 Pohon