Home / Internasional

Kamis, 19 Oktober 2023 - 16:42 WIB

Indonesia Beri Pelatihan Terapan Perikanan Pesisir Untuk Negara-Negara Anggota Melanesian Spearhead Group (MSG) di Ambon, Indonesia

Share

 

Batasaceh.com – Ambon, Kementerian Luar Negeri bekerja sama dengan Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) Ambon menyelenggarakan Pelatihan Terapan Perikanan Pesisir bagi Negara-negara Anggota Melanesian Spearhead Group (MSG) yang akan berlangsung selama sepekan di Ambon telah resmi dibuka (17/10).

Ucapan selamat datang dan pemaparan mengenai potensi Provinsi Maluku utamanya sektor perikanan dan pariwisata diberikan kepada para peserta dari empat negara anggota MSG yang tiba di Ambon disampaikan oleh Habiba M.Si, Sekda Pemprov. Maluku, dalam pembukaan pelatihan.

“Perikanan pesisir di Pasifik memegang peran penting bagi pembangunan yang berkelanjutan” disampaikan oleh Dr. Lilly A. Pregiwati,​ Kepala Pusat Pelatihan dan Penyuluhan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, yang hadir secara daring. Pelatihan ini diharapkan dapat berorientasi pada aksi bersama serta menciptakan jejaring yang kuat antara Indonesia dan MSG untuk isu kelautan dan perikanan. Harapan senada juga disampaikan oleh diplomat senior Hendra Satya Pramana, yang hadir mewakili Kemenlu.

Baca Juga :   Pemko Lhokseumawe Menerima Penghargaan Tahun 2024 dari BPJS Kesehatan

Direktur Jenderal MSG, Leonard Louma, OBE, yang secara khusus hadir pada acara pembukaan, menegaskan bahwa kehadirannya yang kedua kali ini untuk menekankan betapa pentingnya pelatihan ini bagi negara-negara Melanesia. Beliau juga menyampaikan bahwa tahun ini merupakan kali kedua Indonesia memberi pelatihan kapasitas bidang perikanan kepada MSG.

Dirjen MSG menilai pelatihan ini memiliki manfaat yang sangat penting bagi pengusaha UKM masyarakat pesisir dan para pejabat di kementerian atau departemen bidang perikanan negara-negara MSG. Louma juga menyatakan bahwa ia percaya Indonesia akan selalu menjadi mitra pembangunan MSG dalam mengelola kesejahteraan bersama.

Baca Juga :   PT Pupuk Iskandar Muda Raih Penghargaan Terbaik dalam Pelaksanaan TJSL di Aceh Tahun 2024

Kepala BPPP Ambon, Abubakar, S.St. Pi, MSi., menyambut baik dilaksanakannya kembali pelatihan ini untuk kedua kalinya di BPPP Ambon. Kepada 6 orang peserta yang berasal dari Fiji, Kepulauan Solomon, Papua Nugini, dan Vanuatu tersebut akan diberikan sejumlah materi teori dan praktik pemanfaatan sumber daya pesisir, baik untuk tujuan menunjang perekonomian masyarakat maupun untuk menyusun regulasi dan administrasi perikanan di negara-negara asalnya.​ ( Kemlu )

Share :

Baca Juga

Internasional

Wamenlu RI dorong kerjasama strategis Indonesia – Korea Selatan

Internasional

KJRI Perth Kenalkan Potensi Kerja Sama Bidang Pertanian Antara Indonesia dan Australia Barat di Food Innovation Precinct WA

Internasional

Pelindungan ABK Konsulat Jenderal RI Cape Town Gelar Kegiatan Life Skills

Internasional

Presiden Jokowi Lepas Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina

Internasional

Indonesia Desak SMU PBB Bentuk Komisi Independen Selidiki Serangan Israel

Internasional

Kepala Staf Angkatan Darat Indonesia periode 2021 – 2023 Terima Tanda Kehormatan Australia

Internasional

Indonesia Desak Dewan Keamanan PBB Segera Hentikan Perang di Gaza

Internasional

Israel Terus Gempur Jalur Gaza, Sudah 33 Masjid Hancur