Home / Sport

Selasa, 2 Januari 2024 - 16:43 WIB

Lawan Libya, Ajang Kontrol Kondisi Pemain Bagi Timnas Indonesia

pp
Share

 

Batasaceh.com – Timnas Indonesia akan menghadapi Libya di Mardan Sports Complex, Turki, Selasa (2/1). Itu merupakan uji coba pertama Skuad Garuda dalam pemusatan latihan atau training camp (TC) di Antalya, Turki, jelang Piala Asia 2023.

Sebelumnya, Timnas Indonesia memulai persiapan di Turki sejak 21 Desember 2023. Memasuki pekan kedua TC, skuad Garuda melakukan uji coba kontra Libya.

Laga melawan Libya akan berlangsung sebanyak dua kali, yakni pada 2 dan 5 Januari 2024. Dalam dua laga itu, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, ingin melihat sejauhmana timnya siap berlaga di Piala Asia 2023 Qatar yang akan berlangsung pada 12 Januari sampai 10 Februari 2024.

“Jadi (melalui uji coba ini) kami bisa bisa kontrol kondisi pemain. Fokus kami yang pertama memang di Piala Asia. Jadi segala sesuatunya akan difokuskan ke situ,” kata Shin Tae-yong.

Terkait keputusan memilih Libya sebagai lawan tanding, Shin Tae-yong mengaku tidak ada alasan khusus. Dia hanya mencari tim yang tersedia untuk bisa diajak bertanding.

Baca Juga :   DPMPPKB Aceh Utara dan BKKBN Aceh Gelar Layanan KB dan KBKR di Gampong Seureuke

Jika melihat ranking FIFA pada bulan Desember 2023, Libya menempati posisi 126. Sedangkan, Timnas Indonesia di peringkat 147.

“Jadi sebetulnya tidak ada alasan khusus memilih Libya, memang di tahun baru ini susah mencari lawan tanding, tapi Libya sebagai tim dari Afrika mau datang untuk melawan kita di Turki di tanggal 2 dan 5 Januari ini,” ucap Shin Tae-yong.

Selain dua kali melawan Libya, Timnas Indonesia masih punya satu agenda uji coba lagi melawan Iran. Laga itu akan digelar di Qatar pada 9 Januari.

Sementara itu, Shayne Pattynama harus pulang ke Belanda karena urusan keluarga. Ibu dari pemain berusia 25 tahun itu tengah sakit.

Dalam sesi latihan pada Senin (1/1), Shayne sudah tidak bersama tim. Mantan pemain Viking FK itu pun dipastikan absen dalam laga uji coba Timnas Indonesia kontra Libya, Selasa (2/1).

Baca Juga :   PT PIM Salurkan Bantuan Pemulihan Pasca Bencana Angin Kencang di Tanah Luas

“Jujur, ada masalah di kesehatan ibunya Shayne, jadi akhirnya dia dikembalikan ke Belanda,” kata Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong menuturkan bahwa dirinya sudah memikirkan matang-matang keputusannya tersebut. Bagi dia, yang terpenting Shayne bisa bertemu dan memastikan kondisi ibunya terlebih dulu secara langsung.

“Saya mengizinkan Shayne kembali ke Belanda dulu supaya psikologisnya lebih stabil,” tutur Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong pun sudah mendapatkan kabar terbaru terkait kondisi ibu Shayne Pattynama. Dia memastikan bahwa Shayne akan kembali bergabung dengan tim secepatnya.

“Shayne sudah mengabarkan bahwa ibunya tidak apa-apa, jadi dia akan kembali secepatnya,” ujar pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Laga pertama Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 adalah menghadapi Irak pada 15 Januari. Kemudian, Skuad Garuda bertemu Vietnam (19/1) dan terakhir melawan Jepang (24/1).

Share :

Baca Juga

Sport

Pj. Sekda Aceh Timur Mengalungkan Medali Emas Cabor Pencak Silat

Sport

PSSI Tuntaskan Kursus Wasit Liga 1 2024/2025

Bisnis

U-19 Indonesia Terus Diasah

Sport

Pj. Bupati Aceh Jaya Lepas 93 Atlet dan Official Kontingen POPDA Aceh XVII Tahun 2024

Sport

Pj Bupati Aceh Utara Dampingi Pj Gubernur Dan PB FASI Tinjau Kesiapan Venue PON di Bandara Malikussaleh

Sport

Daftar 23 Pemain Indonesia di ASEAN Boys Championship U-16 2024

Sport

Shin Tae-yong Panggil 22 Pemain untuk Pertandingan Lawan Irak dan Filipina

Sport

Pj Bupati Mahyuzar Minta KONI Beri Atensi Besar Terhadap Agenda PON XXI