Home / Internasional

Kamis, 4 Mei 2023 - 23:25 WIB

Bantuan Kemanusiaan di butuhkan Sudan minta dari Indonesia

Share
Foto : Duta Besar sudan

Internasioanl – Konflik Sudan memerlukan bantuan kemanusiaan dari pemerintah Indonesia di tengah situasi  di negara itu. Bantuan yang diperlukan utamanya adalah untuk mengobati korban luka-luka.

Hal itu disampaikan Duta Besar Sudan di Jakarta, Yassir Mohamed Ali Mohamed. Pihaknya juga akan menggelar pertemuan dengan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, membahas kebutuhan bantuan medis.

“Tentu saja kami memerlukan bantuan kemanusiaan khususnya bagi mereka yang terluka, sebab sebagian rumah sakit telah dihancurkan. Saya pikir lebih dari 40 persen rumah sakit yang kami miliki telah diserang oleh RSF (Pasukan Dukungan Cepat paramiliter),” kata Yassir dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (3/5/2023).

“Kami telah memiliki daftar berbagai kebutuhan. Dan, kami tengah menunggu dilaksanakannya pertemuan dengan Menteri Kesehatan RI,” ujarnya.

Menurut Yassir hubungan baik dengan Indonesia menjadi dasar Sudan berharap adanya bantuan kemanusiaan. Meski di sisi lain, bantuan dari sejumlah negara sahabat lainnya juga telah tiba di Sudan.

“Insyaallah kami menunggu adanya dukungan dari para saudara dan negara-negara sahabat kami. Kami telah menerima sejumlah bantuan dari berbagai negara misalnya Oman, Mesir, dan Persatuan Emirat Arab (PEA),” kata Dubes Sudan.

“Berbagai bantuan akan datang secara regular dan kami juga mengharapkan adanya bantuan dari saudara kami, Indonesia. Sebab, kita memiliki hubungan yang baik,” ucapnya.

Ditambahkan Yassir dukungan dari pemerintah Indonesia juga diharapkan diperoleh dari Kementerian Luar Negeri. Pihaknya berharap bisa bertemu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi guna membahas perkembangan terbaru di Sudan.

 

Share :

Baca Juga

Internasional

Wamenlu RI dorong kerjasama strategis Indonesia – Korea Selatan

Internasional

KJRI Perth Kenalkan Potensi Kerja Sama Bidang Pertanian Antara Indonesia dan Australia Barat di Food Innovation Precinct WA

Internasional

Pelindungan ABK Konsulat Jenderal RI Cape Town Gelar Kegiatan Life Skills

Internasional

Presiden Jokowi Lepas Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina

Internasional

Indonesia Desak SMU PBB Bentuk Komisi Independen Selidiki Serangan Israel

Internasional

Kepala Staf Angkatan Darat Indonesia periode 2021 – 2023 Terima Tanda Kehormatan Australia

Internasional

Indonesia Desak Dewan Keamanan PBB Segera Hentikan Perang di Gaza

Internasional

Israel Terus Gempur Jalur Gaza, Sudah 33 Masjid Hancur