Home / Daerah / Pendidikan

Jumat, 14 Juli 2023 - 16:28 WIB

Tantawi Meminta Pemerintah Aceh Kembali Anggarkan Beasiswa Aceh Carong Tahun 2023

Foto:Istimewa

Foto:Istimewa

Share
Foto:Istimewa

Batasaceh.com – Wakil Ketua Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPR Aceh) H. Tantawi S.IP., M.A.P meminta Pemerintah Aceh untuk kembali menganggarkan beasiswa S1, S2 dan S3 bagi putra putri Aceh, hal itu disampaikan tantawi Jum’at (14/07/23).

Tantawi menjelaskan, sudah seharusnya beasiswa Aceh Carong di anggarkan untuk meningkatkan kapasitas Sumber daya manusia putra – putri Aceh,” inbuhnya

”Kita sayangkan tidak ada lagi beasiswa baru di tahun 2023, sedangkan yang sudah berjalan masih berlanjut”. Ujarnya

Politisi asal Aceh Utara ini memahami kondisi keuangan Aceh saat ini, dengan berkurangnya Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) yang berkurang dari 2% menjadi 1% dari Dana Alokasi Umum (DAU) nasional yang mengakibatkan APBA yang berkurang, namun pendidikan merupakan kebutuhan dasar yang harus menjadi prioritas pemerintah Aceh.

Baca Juga :   Putra Bung Hatta PNL, Teuku Rassya dan Teuku Salman Juara II Lomba Pidato Da'i Online Se Indonesia 2024.

”Jika pada tahun 2022 Aceh mendapatkan Rp 7,560 triliun dana Otsus, maka tahun 2023 aceh hanya mendapatkan 3,9 T, ini salah satu yang mengakibatkan APBA Aceh Berkurang”.

Lebih lanjut Sekretaris Fraksi Demokrat ini meminta pemerintah Aceh kembali menganggarkan Beasiswa untuk Putra-putri Aceh, baik S1, S2 juga S3 baik dalam negeri maupun luar negeri melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Aceh karena menurutnya pendidikan sengat berdampak dalam menyongsong Aceh di masa depan, dan program yang sangat bermanfaat bagi putra – putri aceh.

Baca Juga :   Putra Bung Hatta PNL, Teuku Rassya dan Teuku Salman Juara II Lomba Pidato Da'i Online Se Indonesia 2024.

”pemerintah sudah seharusnya mendukung pendidikan, salah satunya dengan menganggarkan Beasiswa untuk putra putri Aceh, karena program beasiswa sangat bermanfaat bagi masyarakat. Terang Tantawi.

Lebih lanjut tantawi juga menjelaskan saat ini DPR Aceh melalui badan legislasi (Banleg) sedang mengodok Qanun Dana Abadi Pendidikan Aceh, yang angkanya mencapai 1,3 Triliun, yang menjadi solusi untuk tahun mendatang bagi siswa putra dan putri.

”DPR sendiri Lagi mengodok Qanun Dana Abadi Pendidikan Aceh, kita berharap nantinya melalui dana ini Putra – Putri Aceh dapat mendapatkan Beasiswa S1,S2 dan S3 baik di dalam maupun di luar negeri.” Tutup Tantawi.[].(Rili)

Share :

Baca Juga

Pendidikan

Putra Bung Hatta PNL, Teuku Rassya dan Teuku Salman Juara II Lomba Pidato Da’i Online Se Indonesia 2024.

Daerah

Plt Camat Tanah Luas Lantik 49 Tuha Peut Dalam 3 Kemukiman

Daerah

Pemilik Galian C Alue Leuhop Cot Girek Bantah Gunakan BBM Bersubsidi

Pendidikan

Guru Besar Pertama IAIN Lhokseumawe, Prof. Dr. Danial, M.Ag.dikukuhkan

Pendidikan

Strategi Komunikasi Humas untuk Membangun Citra Positif Organisasi

Daerah

Praktek Pungli Terhadap Siswa Kembali Terjadi di Aceh Utara

Pendidikan

Pj. Bupati Aceh Jaya dan Bunda PAUD Kunjungi Satuan Pendidikan.

Daerah

PT PIM Fasilitasi Manasik Calon Jamaah Haji Aceh Utara