Home / Politik

Kamis, 4 Mei 2023 - 03:27 WIB

Rohingya di Ladong Dipindahkan ke Padang Tiji Pidie

Share
Pemindahan pengungsi Rohingya di kamp Ladong, Aceh Besar. Foto: Polisi

Batasaceh.com – 141 orang pengungsi Rohingya yang berada di kamp pengungsian UPTD Dinas Sosial Aceh di Ladong, Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar dipindahkan ke Padang Tiji, Pidie pada Rabu sore (3/5/2023). Pemidahan mendapat pengawalan Polisi dan instansi terkait.

Pengungsi Rohingya akan menempati bangunan bekas panti Yayasan Mina Raya di Gampong Leun Tanjong, Padang Tiji. Mereka terdiri dari 80 orang laki-laki serta 61 orang perempuan.

Baca Juga :   Pj Bupati Aceh Utara : PPK Adalah Ujung Tombak Kesuksesan Pilkada

Kapolresta Banda Aceh melalui Kapolsek Krueng Raya, Ipda Rolly Yuiza Away mengatakan pemindahan berlangsung sekitar pukul 18.00 WIB. “Mereka (Rohingya) ditempatkan sementara di sana, sambil menunggu keputusan dari Pemerintah Riau dan Medan agar mereka bisa di tempatkan di Rudenim (Rumah Detensi Imigrasi) di sana,” ujarnya.

Warga Rohingya yang terdampar beberapa waktu lalu itu diberangkatkan menggunakan tiga unit bus dan tiga unit mobil penumpang Hiace. Sementara barang-barang, diangkat menggunakan truk Satpol PP dan WH Aceh serta truk milik Dinas Sosial.

Baca Juga :   Pj Bupati Aceh Utara : PPK Adalah Ujung Tombak Kesuksesan Pilkada

“Pemindahan ini juga dikawal langsung Unit Patroli Samapta Polresta Banda Aceh beserta Satpol PP dan WH, termasuk pihak IOM. Alhamdulillah kegiatan berjalan aman dan lancar,” katanya.

Pemindahan itu dilakukan usai pihak kepolisian menerima permintaan pengawalan dari Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Pengungsi Luar Negeri (PPLN) melalui surat yang dikirimkan. Selain itu, juga karena UPTD Dinsos Aceh Ladong akan digunakan untuk kegiatan lainnya. [acehkini.id]

Share :

Baca Juga

Politik

Pj Bupati Aceh Utara : PPK Adalah Ujung Tombak Kesuksesan Pilkada

Politik

PPK Syamtalira Bayu Dilantik : Kami Siap Sukseskan Pilkada 2024

Politik

Penjaringan Calon Bupati/Wakil Bupati Aceh Utara, Demokrat Terima 2 Pendaftar

News

10 Partai Politik Bentuk Koalisi Aceh Utara Maju

Politik

Saya Fokus di DPD RI, Belum Putuskan Maju di Pilkada Aceh

Daerah

Hadapi Pilkada 2024, Demokrat Aceh Utara Mulai Jaring Calon Bupati Aceh Utara

Politik

Pon Yaya Raup Suara Terbanyak Partai Aceh Dapil 5 DPRA

Politik

KIP Lhokseumawe Plenokan Rekap Suara Pemilu, Besok