Home / Daerah

Minggu, 28 Januari 2024 - 00:04 WIB

PKBM Harapan Milenial Ajak Masyarakat Tangkal Hoax di Media Sosial

Share

foto istimewa

Batasaceh.com-Dalam rangka mewujudkan partisipasi masyarakat dalam mendukung tercapainya kesuksesan dan kedamaian Pemilu 2024, Komunitas Literasi Digital PKBM Harapan Milenial Kabupaten Aceh Utara menggelar Seminar Literasi Digital. Kegiatan yang berlangsung di Gedung SKB Kabupaten Aceh Utara, Sabtu (27/1/24) itu mengusung tema “Pemilu Damai Tanpa Hoaks”. Ratusan peserta seminar hadir, baik dari Kalangan Pemuda, Mahasiswa, Santri, Aparatur Desa, Orang Tua dari Siswa PKBM Harapan Milenial dan Masyarakat umum di Aceh Utara.

Ketua Komunitas Literasi Digital PKBM Harapan Milenial, Faisal, A.MK dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mewujudkan partisipasi masyarakat untuk mendukung tercapainya kesuksesan dan kedamaian Pemilu 2024. Para peserta juga diharapkan dapat mengenal lebih jauh terkait literasi digital, terutama dalam hal menggunakan media sosial.

“Kesempatan ini, kita juga akan mengenal lebih jauh terkait literasi digital utamanya tentang menyongsong Pemilu 2024. Mari kita ikuti dengan baik sehingga kita lebih berhati-hati dan bijak dalam menggunakan media sosial, Budayakan saring sebelum sharing, jangan terburu-buru untuk membagikan sebuah berita jika belum tentu kebenarannya dan tidak memberikan manfaat, ujar Faisal.

Baca Juga :   Pj Bupati Aceh Utara : PPK Adalah Ujung Tombak Kesuksesan Pilkada

Kepala Sekolah PKBM Harapan Milenial, Sarjani, ST dalam paparannya lewat literasi digital diharapakan semua elemen bangsa memiliki wawasan digital yang mumpuni dan mampu menangkal konten hoaks.

“Melalui literasi digital diharapkan masyarakat bisa memahami digital safety dan meningkat keterampilan digitalnya. Dengan begitu, masyarakat bisa membuat konten-konten positif untuk menanggulangi hoaks, judi online, ujaran kebencian menjelang Pemilu 2024 yang akan diselenggarakan 14 Februari 2024,” jelas Sarjani

PKBM Harapan Milenial telah menyiapkan empat materi literasi digital meliputi Keterampilan Digital, Budaya Digital, Etika Digital, dan Keamanan Digital. Sarjani berharap wawasan terkait literasi digital yang hari ini diterima para peserta dapat disebarluaskan ke lingkungan keluarga maupun pertemanan. Sehingga semua bisa tahu bagaimana sebaiknya memanfaatkan ruang-ruang digital itu menjadi lebih baik dan lebih produktif,” ujarnya.

Baca Juga :   Putra Bung Hatta PNL, Teuku Rassya dan Teuku Salman Juara II Lomba Pidato Da'i Online Se Indonesia 2024.

Sarjani juga menjelaskan bahwa lewat Seminar literasi digital, masyarakat akan dapat lebih paham memanfaatkan teknologi dan ruang digital sesuai dengan perundangan yang berlaku. ini merupakan momen yang tepat untuk mewujudkan ruang digital menjadi ruang yang lebih bersih, lebih baik dan bahkan lebih produktif,” Tutupnya.

Beberapa narasumber yang dihadirkan adalah Zulkifli, ST (Pegiat Media Sosial), Jafriadi, S.Pd (Pemerhati Sosial/Wakil Ketua Karang Taruna Aceh Utara) Sarjani, ST (Kepala Sekolah PKBM Harapan Milenial) Mira Sulfiana, ST (Keynote Speaker; Tokoh Perempuan Aceh Utara) dan dipandu oleh Ricky Maulana, ST (Moderator).

Share :

Baca Juga

Daerah

Plt Camat Tanah Luas Lantik 49 Tuha Peut Dalam 3 Kemukiman

Daerah

Pemilik Galian C Alue Leuhop Cot Girek Bantah Gunakan BBM Bersubsidi

Daerah

Praktek Pungli Terhadap Siswa Kembali Terjadi di Aceh Utara

Daerah

PT PIM Fasilitasi Manasik Calon Jamaah Haji Aceh Utara

Daerah

Pokdarwis Pirak Tour Tabur 1000 Benih Ikan Nila di Rumah Cut Mutia

Daerah

Proses Proyek Bendungan Krueng Keureuto Sudah capai 91,8 Persen

Daerah

Pemkab Aceh Jaya Raih Opini WTP Berturut-Turut Ke-11 kalinya dari LHP BPK Perwakilan Provinsi Aceh

Daerah

Peringati HUT PT Pupuk Indonesia Yang Ke-12 Tahun, PT PIM Tanam 750 Pohon